penyakit yang ditimbulkan lingkungan tidak sehat materi kelas 4 sd

Publicado  Rabu, 16 Maret 2011

Di jaman modern ini penyakit semakin bermacam-macam saja jenisnya. Kita pasti pernah terserang penyakit baik yang ringan maupun yang berat. Penyakit yang menyerang kita tentu ada penyebabnya. Ada yang berasal dari luar tubuh juga bisa berasal dari dalam diri kita sendiri.
Untuk mengetahui cara terbaik dalam mencegah dan mengobati penyakit kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dasar dari penyakit yang menyerang diri kita. Di rumah sakit atau klinik pengobatan, para dokter biasanya menganalisa suatu penyakit dengan mengetahui juga berbagai penyebabnya. Setelah itu baru kemudian menentukan obat yang diberikan.
Setiap orang dapat saja mencegah terjangkit suatu penyakit di lingkungan keluarga atau di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat dan menghindari substansi-substansi yang membahayakan tubuh merupakan tindakan yang paling tepat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian pepatah kuno mengatakan.
Di bawah ini beberapa penggolongan dari penyakit dan penyebab yang berhubungan erat dengan penyakit itu sendiri,
1. Penyakit Turunan
Kondisi ini disebabkan oleh gen-gen cacat yang dipindahkan dari orang tua kepada anak-anak atau cacat yang ditimbulkan oleh obat atau virus pada waktu hamil. Contohnya antara lain : mongolisme, penyakit jantung bawaan, kencing manis, tekanan darah tinggi.
2. Penyakit Menular
Penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme seperti bakteri, virus atau jamur yang tidak tampak oleh mata biasa. Mereka sanggup memproduksi secara cepat di dalam jaringan atau sel-sel normal tubuh manusia misalnya TBC, typus, sipilis, polio, campak.
3. Penyakit Parasit
Berkaitan dengan penyakit-penyakit infeksi yakni kondisi yang disebabkan oleh organisme hidup yang berlipat ganda dalam tubuh yang mengacaukan fungsi tubuh.Biasanya kegiatannya lebih luas dan rumit. Golongan penyakit ini biasanya disebabkan oleh malaria, cacingan, trichinosis, amubiasis.
4.Keracunan bahan kimia dan alergi
Kondisi yang disebabkan oleh unsure kimia atau rusaknya jaringan organ tubuh tertentu, juga substansi tertentu seperti bahan kimia, debu, cuaca atau zat tertentu pada hewan dan tumbuhan. Tubuh memproduksi reaksi alergik dengan zat-zat tersebut pada orang yang lemah daya tahan tubuhnya. Penyebabnya bisa karbon monoksida (CO), timah, karbon tetrachloride, bisa ular, asma, tembakau, alkohol, ulat bulu, serbuk bunga dll.
5. Cedera dan kecelakaan
Kekejaman fisik atau benturan dapat merusak tubuh seperti tulang patah, jaringan tubuh terkoyak, api, air panas, air keras dan kilat atau petir dapat membuat tubuh cedera. Contohnya antara lain luka karena berbagai sebab, tenggelam, terbakar, tertusuk, tersabet, tergilas dll.
6. Kekacauan mekanis
Gangguan pada fungsi tubuh yang berhubungan dengan keabnormalan structural. Contohnya benda asing dalam saluran pernapasan, hernia, kandungan turun, hewan masuk telinga.
7. Kekacauan gizi dan metabolisme
Merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi, kelenjar endokrin tak berfungsi dan gangguan metabolisme lainnya. Biasanya sering kita lihat pada orang yang kekurangan gizi dan vitamin, obesitas atau kegemukan, pirai, kencing manis
8. Penyakit mental
Kondisi yang mempengaruhi pikiran apakah itu akibat dari pikiran terganggu, kerusakan jaringan otak, tensi emosional, stress, dan tekanan psikologis lainnya. Contoh penyakit ini antara lain hysteria, depresi, scizophrenia, alkoholisme, gila atau edan.
9. Pertumbuhan baru, yang ganas dan yang tidak
Tumor dari berbagai jaringan tubuh. Biasanya memicu adanya kanker seperti paru-paru, payudara, kandung kemih, tumor pada kulit dan berbagai kanker pada jaringan tubuh.
10. Bahaya degeneratif dan pembuluh darah
Penyakit yang disebabkan peredaran darah yang tidak normal dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan kemerosotan jaringan, suatu akibat dari keadaan tubuh yang sudah semakin tua. Contoh serangan penyakit ini adalah asteorthritis, serangan jantung, stroke, penyakit Parkinson
11. Bahaya ekologi dan lingkungan
Penyakit akibat pencemaran udara, air, kebisingan, cahaya dan juga manusia itu sendiri. Contohnya penyakit yang berhubungan dengan asap mesiu, asap pabrik, pembuangan limbah, kehilangan pendengaran, asbestos
12. Pola hidup yang tak sehat
Penyakit yang disebabkan oleh akibat dilanggarnya aturan kesehatan secara umum pola makan dan juga pola hidup yang tidak sehat seperti penat, stress, insomnia, encok, kehilangan kegesitan dan stamina, batuk, kelelahan psikis, stroke dll..
13. Penyakit masyarakat
Kita semua sudah pada mengetahui kalau yang ini memang perlu diberantas.

0 komentar: